Presentase Golongan Darah yang Rentan Terinfeksi Corona - CONCAPREN

Breaking

Sabtu, 28 Maret 2020

Presentase Golongan Darah yang Rentan Terinfeksi Corona

Sebuah penelitian di China baru-baru ini menyatakan bahwa golongan darah A lebih rentan terinfeksi Corona COVID-19. Sedangkan untuk golongan darah O lebih kebal terinfeksi virus Corona COVID-19. Penelitian dilakukan kepada dua pasien Corona COVID-19 di Wuhan dan Shenzhen. Meskipun hasil penelitian ini masih harus ditelaah lebih lanjut lagi.

Ada berbagai macam golongan darah yang ditemukan pada manusia, seperti golongan darah A, B, AB, dan O. Hal ini berarti ada pula perbedaan molekul gula pada permukaan sel darah merah pada masing-masing golongan darah.

Hasil dari penelitian ini mungkin akan membuat orang dengan golongan darah A akan lebih panik dan lebih khawatir. Sedangkan untuk orang dengan golongan darah O, jangan merasa tenang dulu. Pasalnya, penelitian yang hanya dilakukan dengan 2 sample pasien ini belum bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya.

Dengan demikian golongan darah ini tidak bisa menjadi penilaian yang mutlak mengenai kadar infeksi virus Corona COVID-19. Semua orang tetap diimbau untuk melindungi dirinya sendiri seperti selalu menjaga kebersihan, menghindari kontak dengan banyak orang, dan menggunakan pelindung jika terpaksa harus berinteraksi dengan banyak orang.

Berikut penjelasan mengenai jenis golongan darah yang rentan terinfeksi Virus Corona COVID-19 yang kita rangkum dari berbagai sumber:

Presentase Golongan Darah yang Rentan Terinfeksi Corona COVID-19

Hasil penelitian yang dilakukan kepada 2 pasien Corona COVID-19 di Wuhan dan Shenzen ini tidak bisa dijadikan sebagai penilaian yang mutlak. Sebagai contoh dilansir dari The New York Times, Kamis (26/3/2020) bahwa di Inggris, ada 48 persen orang yang memiliki golongan darah O. Ada 38 persen orang yang memiliki golongan darah A. Ada 10 persen orang yang memiliki golongan darah B. Dan yang terakhir ada 3 persen orang yang memiliki golongan darah AB.

Kemudian dibandingkan dengan jumlah total pasien yang terinfeksi Corona COVID-19 di Wuhan dan Shenzen ada 2.173 pasien. Dengan presentase golongan darah O ada 25 persen yang terinfesi. Golongan darah A ada 38 persen yang terinfeksi. Golongan darah B ada 26 persen yang terinfeksi. Dan golongan darah AB ada 10 persen yang terinfeksi.

Maka dari itu penelitian terkait dengan jenis golongan darah yang rentan terinfeksi Corona COVID-19 masih harus dilakukan lagi, tentu saja dengan perhitungan yang benar-benar bisa mewakili presentase jumlah golongan darah secara keseluruhan. Satu-satunya pengobatan dini yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar