5 Tips Mempercepat Koneksi Internet Wfi Di Rumah - CONCAPREN

Breaking

Rabu, 15 April 2020

5 Tips Mempercepat Koneksi Internet Wfi Di Rumah

Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk bekerja dari rumah. Hal ini membuat kecepatan dari wifi kita di rumah jadi hal yang paling penting. Hal ini juga yang membuat Youtube, Netflix, dan Amazon, memutuskan untuk menurutnkan kualitas videonya untuk mereduksi penggunaan bandwith.

Raksasa media sosial Facebook juga kini sedang mencari cara untuk melakukan hal yang sama sembari mengatasi makin banyaknya orang yang berselancar di Facebook kala physical distancing. Nah, untuk Anda yang berada di rumah, terdapat beberapa tips untuk sedikit menaikkan kemampuan koneksi internet wifi Anda. Melansir tips dari Business Insider, berikut ulasannya!

1. Jika Meeting atau Telepon, Jangan Pakai Data

Kala bekerja dari rumah atau menjalankan physical distancing, menelepon, video call, atau video konferensi adalah beberapa hal yang makin banyak dilakukan. Nah, penggunaan data untuk melakukan telepon lewat FaceTime atau WhatsApp, cenderung tidak stabil. Untuk itu, Anda lebih disarankan untuk menggunakan wifi rumah saja.

2. Buat Router Wifi Jauh Dari Gadget Lain

Disebut bahwa adanya gadget lain yang ada di dekat router wifi, ternyata bisa mempengaruhi kinerja dari router tersebut. Gelombang elektromagnetik dari kelistrikan di dalam gadget ternyata dapat berdampak pada kinerja modem, yang berarti bisa membuat koneksi melemot. Beberapa gadget yang diharap jangan didekatkan ke modem adalah monitor, smartphone, lampu halogen, speaker komputer, TV, dan banyak gadget lainnya.

3. Jangan Taruh Router di Lantai

Dilaporkan bahwa meletakkan router atau modem di lantai, memperburuk pancaran sinyal yang akan ditangkap oleh smartphone atau modem laptop kita. Terbukti bahwa kerap modem yang diletakkan di antara lantai satu dan lantai dua sebuah rumah, biasanya mengorbankan lantai duanya yang kesulitan mendapat sinyal. Nah, tempat terbaik adalah letakkan modem di meja, rak yang agak tinggi, atau pasang di tembok.

4. Jangan Gunakan Microwave

Uniknya, pemggunaan microwave sanga mempengaruhi kecepatan wifi. Mengapa? Alasannya sangat sederhana, karena keduanya beroperasi di frekuensi yang sama. Jadi, jika Anda ingin menghangatkan makanan sisa semalam di microwave, pastikan untuk hal tersebut tidak menggangu video konferensi Anda.

5. Diskonek Kala Gadget Tidak Digunakan

Hal paling umum yang sering dilakukan kebanyakan orang dengan wifi di rumah, adalah tidak memutus koneksi gadget kala tidak digunakan. Padahal, perangkat seperti smartphone dan tablet dapat meminta sinyal wifi meskipun dalam keadaan tidak digunakan. Hal ini dapat mengurangi bandwith. Paling mudah, matikan koneksi wifi, baik di smartphone atau laptop, kala tidak digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar